Kerja Bakti Perawatan Jalan Kampung di Dusun Tegaltapen Desa Tirtosari

Administrator 13 November 2017 10:02:19 WIB

Hari Minggu, 12 November 2017 Pemuda Pedukuhan Tegaltapen Desa Tirtosari melaksanakan aksi gotong royong. Kegiatan sosial itu dilaksanakan untuk membersihkan dan merawat lingkungan jalan kampung yang selama ini dimanfaatkan dan dilewati warga. Pemeliharaan akses jalan kampung tersebut dilaksanakan mengingat banyak jalan kampung yang kurang terawat. Pemeliharaan dilakukan dengan menebang pohon yang sangat berdekatan dengan jalan cor blok tersebut agar tidak merusak cor blok dan tidak membahayakan pengguna jalan.

Menurut Suyatman (36) warga Dusun Tobayan menuturkan, kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari pemuda yang didukung oleh warga. Dalam membersihkan serta merawat lingkungan jalan kampung secara swadaya tersebut dilaksanakan secara manual. Kegiatan ini  tidak dikoordinir dari pemerintah desa, tetapi atas inisiatif dan keinginan bersama dari masyarakat.

Dia menambahkan, jalur yang mendapat perawatan kegiatan bakti sosial ini berada di Dusun Tobayan yang sangat sering dilewati warga sebagai jalur alternatif tetapi keadaannya kurang terawat. "Kita bekerja secara swadaya dan atas inisiatif sendiri, daripada mengadalkan bantuan pihak lain yang belum tentu dapat diapresiasi. Kerja bakti  membersihkan jalan kampung ini digiatkan dengan perlengkapan alakadarnya," jelas Suyatman di sela-sela kegiatan gotong royong tersebut.

Pelaksanaan kerja bakti pemeliharaan jalan kampung tersebut dilaksanakan dengan menumbangkan pohon-pohon besar yang berada di dekat jalan yang terbuat dari cor blok tersebut karena akarnya akan membuat cor blok pecah dan rusak dan menambal badan jalan serta sisi-sisi jalan yang rusak dengan cor.

Pada pelaksanaan kerja bakti tersebut banyak warga yang menyumbangkan material seikhlasnya. Ada warga yang menyumbangkan pasir, ada yang menyumbang batu split, dan ada pula yang menyumbang uang untuk membeli semen. Kegiatan yang digerakkan oleh Kepala Dukuh Tegaltapen tersebut dilaksanakan satu hari penuh mulai dari pukul 07.30 dan selesai pukul 16.30.

Komentar atas Kerja Bakti Perawatan Jalan Kampung di Dusun Tegaltapen Desa Tirtosari

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KALENDER

Pengumuman

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Mbangun Desa

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License