Sosialisasi dan Penyuluhan KDRT di Balai Desa Tirtosari

Administrator 03 Oktober 2017 02:34:37 WIB

Hari Senin 2 Oktober 2017, pemerintah Desa Tirtosari dan pemerintah Kecamatan Kretek bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengadakan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan tentang Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT). Dalam kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh Camat Kretek, Lurah Desa Tirtosari, Bhabinsa Desa Tirtosari, Bhabinkamtibmas Desa Tirtosari, dan perwakilan tokoh masyarakat se-Desa Tirtosari. Acara tersebut di mulai pukul 09:00 dan selesai pukul 12:00 WIB.

Nara sumber yang memaparkan sosialisasi dan penyuluhan tersebut adalah dosen Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta diantaranya,

  1. Bapak Sigid Riyanto, S.H., M.Si., Ketua Departemen Hukum Pidana sebagai Ketua Tim Sosialisasi,
  2. Bapak Dr. Yulkarnain Harahab, S.H., M.Si., Ketua Departemen Hukum Islam
  3. Ibu Ninik Darmini S.H., M.Hum., Anggota Tetap Departemen Hukum Perdata, dan
  4. Ibu Haniah Ilhami, S.H., LL.M., Sekretaris Departemen Hukum Islam

 

Dalam pemaparan sosialisasi tersebut, Sigid Riyanto, S.H., M.Si. mengatakan bahwa kekerasan dalam rumah tangga tidak lagi menjadi urusan suami istri yang bersangkutan atau urusan sebuah keluarga. Namun juga menjadi urusan publik, di mana diharapkan setiap kerabat keluarga dan masyarakat dapat ikut serta melakukan pencegahan dan pengawasan agar kekerasan dalam keluarga tidak terjadi. Ia  juga menghimbau kepada seluruh peserta sosialisasi untuk dapat merubah pola pikir masyarakat khususnya dalam upaya menghapus  kekerasan dalam rumah tangga dan dampak pernikahan dini.

Sigid Riyanto, S.H., M.Si. sebagai ketua tim sosialisasi saat memaparkan sosialisasi tersebut berharap agar kegiatan penyuluhan ini dapat memberikan pengetahuan dan masukan yang lebih mendalam bagi para kader dan masyarakat pada umumnya sehingga mampu meminimalisasi tindak KDRT di Desa Tirtosari. Untuk itu, pencerahan atau penyuluhan tentang KDRT ini dirasakan sangat perlu, guna menghindari KDRT yang sebagian besar banyak dialami kaum perempuan dan anak-anak.

 

Penulis: Adi Susanta.

Komentar atas Sosialisasi dan Penyuluhan KDRT di Balai Desa Tirtosari

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KALENDER

Pengumuman

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Mbangun Desa

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License