Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Desa Tirtosari

Administrator 12 Juli 2017 10:19:48 WIB

Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan salah satu lembaga kelengkapan desa. Lembaga ini terbentuk pada tahun 1980. Adapun Visi dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Desa Tirtosari adalah mewujudkan keluarga yang mandiri, sehat, dan sejahtera. Visi tersebut diwujudkan dengan Misi meningkatkan mental spiritual, perilaku hidup dengan menghayati dan mengamalkan Pancasila serta meningkatkan pelaksanaan hak dan kewajiban sesuai dengan hak asasi manusia serta meningkatkan Pendidikan dan keterampilan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa serta pendapatan keluarga.

Keorganisasian PKK tidak terlepas dari empat kelompok kerja (Pokja) yang menjalankan program-program PKK. Pokja h bertugas dalam penghayatan dan pengamalan Pancasila; seperti penyuluhan pola asuh anak setiap tanggal 15, sosialisasi pembinaan anak remaja (BKR), penluhan kadarkum, KDRT, dan sebagainya serta gotong royong; kolompk arisan, senam Lansia, pemeriksaan kesehatan, dan pangruktiloyo. Pokja dua bekerja di bidang Pendidikan dengan program kerja meningkatkan taman bacaan di Desa dan meningkatkan kegiatan Pendidikan usia dini, mengembangkan kehidupan berkoperasi dengan mengadakan simpan pinjam di Dasa Wisma Dahlia RT.04, serta kelompok BKB. Pokja tiga memiliki kegiatan di bidang pangan dengan meningkatkan minat untuk menanam sayuran dan berternak guna menambah gizi keluarga serta di bidang sandang dengan pelatihan membuat hantaran di desa. Pokja empat bekerja di bidang kesehatan dengan meningkatkan sosialisasi Balita (Posyandu), penyuluhan KIA, KB, Gizi dan imunisasi, dan mengadakan penyuluhan DBD serta di bidang kelestarian hidup dengan penyuluhan PSN, kerja bakti masal, pemanfaatan toga, dan pengelolaan sampah.

PKK merupakan organisasi penopang kesejahteraan keluarga sehingga program-program yang dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan keluarga di setiap bidang kehidupan. Oleh karenanya, keberadaan PKK sangat penting dan keberlangsungan harus dijaga agar semakin eksis di masyarakat.

Penulis: Vio R, Editor: Janitra H

Tim KKN-PPM UGM 2017

 

Komentar atas Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Desa Tirtosari

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KALENDER

Pengumuman

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Mbangun Desa

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License