Pendidikan Berkualitas Untuk Masa Depan Bangsa

Administrator 11 Juli 2017 09:58:58 WIB

Dunia pendidikan adalah faktor utama seseorang mendapatkan masa depan yang cerah, terutama pada saat ini sudah mulai banyak mendapatkan pendidikan. Tetapi kualitas pendidikan yang disediakan masih ada yang tidak sesuai dengan standar pendidikan yang ada di Indonesia. Terdapat kesenjangan yang terjadi dalam bidang pendidikan yang hal ini dapat berpengaruh pada masa depan anak bangsa. Lebih lagi dengan kebijakan baru yang di usulkan oleh pemerintah yang mempertimbangkan wilayah tempat tinggal yang menjadi syarat diterimanya siswa untuk mengenyam pendidikan, sedangkan di Indonesia masih terjadi ketidakmerataan pendidikan.
Pendidikan adalah salah satu hal yang terpenting dalam kehidupan manusia. The United Nations Development Programme (UNDP) telah merumuskan seperangkat tujuan yang dinamakan Suistainable Development Goals yang bertujuan untuk memberantas permasalahan-permasalahan dunia yang harus diselesaikan tahun 2030. Salah satu tujuannya adalah Quality Education yang mana anak muda khususnya dapat berkontribusi dalam banyak aktivitas-aktivitas yang mendukung pendidikan yang berkualitas. Hampir setiap tahun Desa Tirtosari menjadi tempat Kuliah Kerja Nyata dari bermacam-macam universitas, khususnya Universitas Gadjah Mada. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa dalam bidang pendidikan adalah mengajar di dusun dan juga SD tentang bahasa inggris, pembinaan majalah dinding, pendidikan berkarakter, dan lain sebagainya yang dapat mengembangkan pengetahuan siswa.
Pengembangan siswa di bidang pendidikan, dapat mengurangi permasalahan pendidikan di Indonesia. Dewasa ini, penerimaan siswa bergantung pada wilayah terdekat dari tempat tinggal siswa yang bersangkutan yang mana hal ini dapat meningkatkan kualitas sekolah dasar sehingga setiap sekolah dasar dapat berkembang secara merata. Fenomena tersebut dapat dilihat dari negara-negara maju yang mana instansi pendidikan di semua wilayah mendapatkan pendidikan yang merata.
Pendidikan tidak hanya berperan menciptakan generasi muda sebagai agent of change yang membawa perubahan, namun generasi muda harus bisa menjadi agent of producer yang mampu menciptakan perubahan yang nyata. Hal tersebut dapat dilakukan khususnya oleh siswa sekolah dasar yang berperan besar dalam kerja nyatanya.

Penulis: Anwar T, Editor: Janitra H dan Suci A. Ginita

Tim KKN-PPM UGM 2017

Komentar atas Pendidikan Berkualitas Untuk Masa Depan Bangsa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KALENDER

Pengumuman

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Mbangun Desa

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License