Dana Desa untuk Pembangunan Jaringan Irigasi Desa

Administrator 23 November 2017 23:01:11 WIB

Pemerintah Desa Tirtosari melalui TPK Desa Tirtosari melaksanakan Pembangunan Jaringan Irigasi Desa menggunakan Dana Desa. Lokasi Pembangunan berada di Pedukuhan Mulekan I kampung Bangkrungan sampai dengan Pedukuhan Pangkah dengan volume: Panjang = 665 meter, lebar 0,35 meter, tinggi talud 1,2 meter dan 0,8 meter.  Pembangunan tersebut menggunakan pagu anggaran sebesar Rp. 456.297.000,- namun dalam realisasi hanya menghabiskan anggaran sebesar Rp. 426.727.050,- sehingga mempunyai Silpa sebesar Rp. 29. 569.950,- dengan waktu pelaksanaan maksimal 90 hari kalender. Selanjutnya Silpa Dana Desa tersebut dimasukkan APBDes Perubahan untuk penyertaan Modal Bumdes.

 

Pengerjaan pembangunan Jaringan Irigasi Desa dilaksanakan oleh TPK Desa Tirtosari dengan menggunakan tenaga kerja yang terdiri dari tukang dan pekerja serta kepala tukang dari warga pedukuhan sekitar lokasi yaitu Mulekan I dan Pangkah dengan system Padat Karya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa sesuai dengan instruksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bahwa dana desa sebesar 20% digunakan untuk upah pekerja. Dengan demikian pembangunan di desa memberi efek langsung bagi warga sekitar selain Hasil pembangunan yaitu berupa lancarnya irigasi yang berdampaknya meningkatnya hasil pertanian secara signifikan khususnya Padi.

 

Jaringan Irigasi ini digunakan untuk mengairi sawah-sawah di bulak Kirobayan dan Pangkah dengan luasan sekitar 30an hektar yang merupakan lahan garapan dari 4 Pedukuhan Mulekan I, Mulekan II, Pangkah dan Cimpon dengan jumlah penduduk + 3000 Jiwa. Pemerintah Desa Tirtosari berharap bahwa segenap warga penggarap dan penerima manfaat dari Pembagunan Jaringan Irigasi Desa ikut berperan aktif menjaga dan merawat Jaringan irigasi ini dengan selalu membersihkan sampah yang ada di saluran tersebut.

 

Jck’

Komentar atas Dana Desa untuk Pembangunan Jaringan Irigasi Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KALENDER

Pengumuman

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Mbangun Desa

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License