Workshop Sistem Informasi Desa

Administrator 23 November 2017 22:05:42 WIB

Pada hari Selasa, tanggal 21 November 2017 bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul, Jalan Jenderal Sudirman No. 1 Bantul diadakan Workshop Sistem Informasi Desa oleh Dinas Kominfo Kabupaten Bantul. Dari desa Tirtosari mengirimkan Carik Desa sebagai Administrator Sistem Informasi Desa Tirtosari. Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari 75 desa dan 17 kecamatan se-kabupaten Bantul.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB, dibuka oleh Ir. Fenty Yusdawati, MT selaku kepala Bappeda Bantul dilanjutkan sambutan dari beliau. Kemudian dilanjutkan materi dari Hernindya Wisnuadji berisi tentang multiple effect dari Web yang sudah dikelola dengan baik, antara lain Desa yang dikenal sampai luar negeri, terbukanya sumber-sumber pendapatan dan juga bertambahnya jejaring dari desa. Sebagai contoh web yang pengelolaannya baik yaitu desa Dlingo, Panggungharjo dan Murtigading. Kemudian Pemateri selanjutnya adalah Ibu Nanik dari Kantor Administrasi Pemerintah Desa memaparkan hasil Monitoring dan Evaluasi ke desa-desa di Bantul yang mana menemui banyak sekali rintangan dan kekurangan dari masing-masing desa dalam mengelola SID. Pemateri terakhir adalah Ibu Kawuniningrum, dari Dinas Kominfo memaparkan berbagai hal yang berkaitan dengan SID. Antara lain dasar hukum pengembangan SID yaitu UU no. 6 tahun 2014 tentang Desa, terutama pasal 86. Juga Perbup no 67 tahun 2017 tentang sinkronisasi program pemerintah Daerah dengan Desa.

Acara ditutup pukul 12.30 WIB oleh moderator yaitu Ibu Eni Kriswandari, namun sebelumnya diisi dengan dialog tentang SID antara peserta dan pemateri untuk menajamkan hal-hal yang masih belum jelas dan juga diisi sharing dari carik Dlingo tentang pengelolaan SID yang baik.

 

 

JCK'

Foto: Hernindya Wisnuadji

Komentar atas Workshop Sistem Informasi Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KALENDER

Pengumuman

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Mbangun Desa

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License